Email : marketing.admin@vivacycle.com
Phone : (021) 3500878
Tips & Trik Atraksi Sepeda BMX
Senin, 09 Juli 2012

 Sepeda BMX adalah jenis sepeda yang populer digunakan dalam atraksi sepeda ekstrem yang memacu adrenalin dan mengundang decak kagum penonton. Para bikers membawa sepeda mungilnya melompat-lompat di atas balok, meloncati batu atau penghalang lain, atau menirukan kuda jantan yang beraksi mengangkat kaki depan.

BMX adalah kependekan dari BicycleMoto-Cross, jenis sepeda mungil dengan desain khas; kecil, ringan, dan lincah. Popularitasnya tidak surut dengan kehadiran sepeda jenis lain, seperti MTB (Mountain Bike) yang diciptakan oleh kelompok clunker atau cruiser di kawasan Marin Country, California.

 

Atraksi Sepeda BMX

 

Di tangan seorang bikers handal, BMX mampu bergerak lincah memainkan atraksi-atraksi ekstrem seperti gerakan street jump, backflip, for flip, dan sebagainya. Bahkan, tak jarang kita menyaksikan sepeda melompat bebas, melayang di udaera tak ubahnya atlet loncat tinggi.

 

Atraksi semacam ini disebut dengan istilah gerakan high air. Data rekor MURI 2007 mencatat lompatan tertinggi sepeda BMX mencapai 3,7 meter dari permukaan papan, yang diperagakan oleh Erman, bikers asal Cianjur.

 

Sementara itu, atraksi backflip adalah sebuah atraksi berputar 360 derajat dengan arah vertikal yang sangat memukau. Jose Yanez menemukan trik menakjubkan ini pada tahun 1984.

 

Diperlukan keahlian dan keterampilan khusus untuk memainkan backflip. Salah-salah, akan sangat fatal akibatnya. Jika putaran tidak sempurna, akan sangat membahayakan muka atau punggung bikers.

 

Jenis atraksi sepeda yang tak kalah populer adalah atraksi down hill. Bikers berlomba melintasi trek menuruni bukit denga kontur yang tidak rata. Mereka tidak hanya beradu kecepatan, tetapi juga kelihaian mengendalikan sepeda.

 

Persiapan Atraksi Sepeda

 

Atraksi sepeda terbilang rentan cedera. Oleh karena itu, diperlukan persiapan yang baik agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Beberapa persiapan tersebut meliputi persiapan fisik,kelihaian, dan berlatih cara jatuh yang baik.

 

  1. Persiapan Fisik

 

Fisik harus dalam keadaan fit dan prima, itu syarat utama. Di samping itu, adalatihan-latihan fisik khusus yang harus dilakukan.

 

a. Melatih Kekuatan Tangan

Ini sangat penting dilakukan mengingat atraksi sepeda sangat bertumpu pada kekuatan tangan. Gerakan yang cocok untuk melatih kekuatan tangan adalah push-up, pull-up (mengangkat badan dengan posisi tangan bergelantung), dan angkat beban ringan.

 

b.. Melatih Kekuatan Kaki

Kaki sangat vital perannya dalam menjaga keseimbangan. Baik itu dalam posisi mengayuh, menahan, maupun mengatur kecepatan. Nah, untuk melatih kekuatan kaki ini, bisa dilakukan dengan gerakan lari atau sesering mungkin mengendarai sepeda.

  1. Melatih Kelihaian dan Keseimbangan

     

Tidak bisa tidak, kelihaian dan keseimbangan hanya bisa diperoleh dengan sesering mungkin anda mengendarai sepeda. Dengan begitu, anda akan mengenal karakter sepeda tersebut dan sekaligus melatih keseimbangan dan kelihaian.

 

  1. Melatih Cara Jatuh yang Baik

 

Jatuh saat mengendarai sepeda adalah hal yang biasa. Oleh karena itu, setiap bikers harus mempelajari teknik jatuh yang meminimalisasi risiko. Jadi, kalaupun anda jatuh, tidak berakibat hal-hal yang fatal.

 

  1. Perlengkapan

 

Beberapa perlengkapan yang harus dipakai oleh bikers sebelum melakukan atraksi di antaranya sebagai berikut.

  •  
    • Helm : ini adalah pelindung tubuh wajib. Helm melindungi kepala bila terjadi benturan. Ada dua jenis helm yang bisa anda pilih; helm biasa atau full face.

    • Sarung tangan. Ini yang sering diabaikan. Padahal, sarung tangan sangat penting untuk melindungi tangan, mengingat tangan adalah bagian yang sering menjadi korban benturan atau gesekan.

    • Pelindung lutut.

    • Kostum yang safety. Tidak ada model khusus, hanya perlu diperhatikan bahan untuk baju dan celana yang menunjang kenyamanan sekaligus aman melindungi tubuh.

    • Sepatu untuk melindungi kaki dan mata kaki dari kemungkinan benturan.

Nah, kalau persiapan di atas sudah anda penuhi, saatnya mengeluarkan sepeda BMX anda dan mulailah beratraksi.

 

Rekor Dunia Atraksi Sepeda BMX

 

Pada 2011 lalu, tepatnya tanggal 8 April, rekor untuk kategori atraksi sepeda BMX, yakni rekor meloncat-loncatkan sepeda yang dilakukan berulang kali telah terpecahkan oleh Oliver Rage yang berasal dari Italia. Dengan sepeda BMX-nya, Oliver Rage berhasil membuat loncatan sekitar 378 loncatan yang dilakukan hanya dengan menggunakan ban belakang sepeda.

Ketika melakukan atraksi sepeda ini , Oliver Rage berdiri diatas sepeda hanya dengan satu ban sepeda, yaitu ban bagian belakang. Dalam pemecahan rekor dunia ini, tidak ada satu pun dari pengendara ataupun bagian sepeda yang menginjak tanah kecuali ban bagian belakang. Selain itu, lompatan sepeda BMX harus diloncatkan secara berulang-ulang sehingga akhirnya Oliver mampu melompat sebanyak 378 kali.

 

Atraksi Sepeda BMX Ramaikan Internasional Indonesia Motor Show

 

Beberapa waktu yang lalu telah diadakan sebuah pameran otomotif bernama Internasional Indonesia Motor Show di Jakarta. Pameran otomotif ini tidak sekadar menampilkan aksi stunt serta drift battle mobil, tetapi juga menyuguhkan atraksi sepeda BMX dari Asosiasi BMX Indonesia.

Atraksi ini disambut sangat antusias oleh seluruh pengunjung pameran, termasuk pada siswa-siswa SMP. Hampir semua aksi freestyle BMX ini diabadikan dengan kamera oleh para pengunjung.

Seorang riders BMX yang berasal dari Serang dan pernah menjadi juara untuk kategori junior Flatline tak mau kalah dengan ikut menunjukan aksinya, seperti meliuk-liuk memakai sepeda BMX-nya dengan posisi kaki tidak menyentuh tanah. Semua atraksinya dilakukan dengan sempurna selama beberapa detik. Para pengunjung pun bertepuk tangan karena terkagum-kagum melihat aksi tersebut.

Selain aksi tadi, ada lagi aksi lainnya yang dilakukan oleh juara kategori flatline senior bernama Janwar Susanto. Ia melakukan atraksi sepeda dengan berputar-putar diatas sepeda BMX-nya tanpa menyebtuh tanah sama sekali. Riders BMX ini membalikan posisi pedal sepeda BMX-nya seperti sedia kala dengan sangat sempurna.

Atraksi yang termasuk aksi ekstrem ini kemudian dilanjutkan dengan atraksi street natural atau disebut freestyle tanpa rem. Atraksi street natural ini dilakukan oleh riders bernama Demiga Prasetyo, sang juara kategori street natural. Riders ini beraksi dengan melompat dan melakukan bar spin (memutar sepeda di udara ), lalu diakhiri dengan teknik landing atau pendaratan manual yang sangat sempurna.

Atraksi ini dilakukannya atas permintaan dari pengunjung, yaitu melakukan backflip. Setelah itu, atraksi dilanjutkan dengan atraksi yang sama ketika ia memecahkan rekor, yaitu melompat melewati dua orang yang sedang berdiri di atas undakan.

Para riders BMX ini meniki sepeda dnegan berat rata-rata sekitar 12kg. Walapun para riders BMX ini sudah terbilang terampil, tetapi tetap saja mereka tak melupakan soal keamanan dalam melakukan aksi-aksinya. Salah seorang riders BMX yang juga menjadi juara untuk kategori freestyle,Andi, mengatakan bahwa para riders wajib menggunakan pelindung siku , lutut, dan pelindung berupa helm.

Asosiasi BMX Indonesia yang juga ambil bagian dalam aksi sepeda di pameran Internasional Indonesia Motor Show ini juga mengatakan bahwa seluruh anggota asosiasi BMX ini sudah terlatih dan terampil dalam melakukan aksi-aksinya. Para riders BMX ini sudah berlatih dan menguasai seluruh atraksi sepeda selama kurang lebih dua tahun sebelum diperbolehkan tampil dalam semua ajang kejuaraan.

tips-memilih-sepeda-freestyle
Tips Memilih Sepeda Freestyle
tips-merawat-rem-sepeda-harian
Tips Merawat Rem Sepeda Harian
manfaat-dan-efek-samping-olahraga-sepeda
Manfaat dan efek samping olahraga sepeda
  Kami akan terus berupaya memberikan pelayanan dan penawaran terbaik untuk anda, disarankan untuk terus mengikuti perkembangan melalui website kami
FOR FURTHER INFORMATION
Call : (021)  •  3500878
MONDAY TO FRIDAY (08:30 AM TO 05:30 PM)
Toko Sepeda Online Shop Jual Beli Viva Vivacycle Lipat Bmx Harga Anak Belanja Murah Mudah Aksesoris Spare Part Frame Merek Merk Bicycle Accessories Model Rakit